Contoh Surat Pernyataan Yang Benar

Contoh Surat Pernyataan Yang Benar. Surat pernyataan merupakan surat yang dibuat baik oleh perorangan maupun kelompok yang menerangkan kesanggupan untuk melakukan sesuatu atau sebaliknya tentang kesedian untuk tidak melakukan sesuatu hal serta bersedia menanggung semua resiko yang ditimbulkan apabila melanggar hal-hal yang ditetapkan. Bisa juga untuk menerangkan bahwa orang atau kelompok tersebut pernah melakukan sesuatu atau tidak pernah melakukan sesuatu. Untuk menguatkan sebuah surat pernyataan biasanya dibubuhi tandatangan di atas materai enam ribu rupiah.

Contoh Surat Pernyataan

Surat pernyataan biasanya dibuat untuk mengikat kontrak kerja atau pernyataan hal-hal yang berkaitan dengan syarat mengikuti pendidikan atau kesanggupan ditempatkan diseluruh wilayah NKRI bagi seorang calon pegawai negeri sipil dan lain-lain. Sehingga apabila terjadi hal-hal diluar dugaan maka yang akan dijadikan pegangan adalah surat pernyataan yang bersangkutan. Oleh karena itu berikut ini akan disajikan contoh surat pernyataan yang bisa dijadikan acuan untuk Anda yang membutuhkannya, Anda bisa melakukan modifikasi disesuaikan dengan situasi, kondisi dan kebutuhan.

Membuat surat pernyataan sebetulnya mudah, yang terpenting kita memahami kaidah dan tata cara penulisannya. Namun terlepas dari hal tersebut, mari kita simak contoh surat pernyataan berikut ini khusus diberikan kepada anda yang memerlukan sebuah surat pernyataan namun belum terbiasa membuatnya sendiri.

Contoh Surat Pernyataan Kerja

Saya yang bertandatangan dibawah ini :
Nama
:
Jajang Mulyana
Tempat tanggal lahir
:
Purwokerto, 8 Mei 1983
Jenis kelamin
:
Laki-laki
Pendidikan
:
S1 Ekonomi
Alamat
:
Perumnas Karang Pucung Blok B/21, Purwokerto - Banyumas
dengan ini menyatakan bahwa :
  • Sampai pada saat ini saya tidak terikat kontrak/ikatan kerja baik dengan Pemerintah maupun Instansi Swasta.
  • Bersedia bertugas dalam kurun waktu yang telah ditentukan.
  • Bersedia tidak mengambil cuti selama masa penugasan.
Demikian surat pernyataan ini saya buat dengan sebenarnya dan apabila dikemudian hari ternyata pernyataan saya tidak benar, maka saya bersedia dituntut dimuka hakim sesuai dengan ketentuan dan hukum yang berlaku.
Purwokerto, 3 Agustus 2014
Yang membuat pernyataan,
(Meterai 6000)
(Jajang Mulyana)

Contoh Surat Pernyataan Berkelakuan Baik

SURAT PERNYATAAN

Yang bertandatangan di bawah ini ,
Nama :
Tempat dan tanggal lahir :
Agama :
Alamat :

dengan ini menyatakan:

1. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyai kekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan;
2. Tidak pernah diberhentikan dengan hormat tidak atas permintaan sendiri atau tidak dengan hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil/Anggota Tentara Nasional Indonesia/Anggota Kepolisian Negara, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
3. Tidak berkedudukan sebagai Calon/Pegawai Negeri Sipil dan Calon/Anggota Tentara Nasional Indonesia atau Calon/Anggota Kepolisian Negara;
4. Tidak menjadi anggota dan atau pengurus partai politik;
5. Bersedia ditempatkan di wilayah tempat mendaftar;
6. Sanggup mengganti biaya pelaksanaan penerimaan sebesar Rp. 25.000.000,- (dua puluh lima juta) rupiah, apabila :

a. dinyatakan lulus ujian tahap akhir dan telah mendaftar ulang tetapi mengundurkan diri dengan alasan apapun, atau

b. mengundurkan diri setelah bekerja di BPS, dengan masa kerja kurang dari 5 (lima) tahun.

Demikian pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya, dan saya bersedia dituntut di muka pengadilan serta bersedia menerima segala tindakan yang diambil oleh pemerintah, apabila dikemudian hari terbukti pernyataaan ini tidak benar.

……………………, ………………………………
Yang membuat pernyataan,

MATERAI
Rp. 6.000,-
………………………………….

Dari 2 Contoh Surat Pernyataan Yang Benar diatas dapat disimpulkan bahwa surat pernyataan adalah surat yang menyatakan bahwa kita belum atau pernah melakukan sesuatu yang ditujukan kepada pihak tertentu. Bagi Anda yang ingin membuat surat pernyataan dengan format yang benar, semoga contoh diatas dapat membantu Anda. Demikian informasi mengenai Contoh Surat Pernyataan diri yang baik dan benar, semoga bermanfaat terima kasih.

Contoh Surat Pernyataan Yang Benar Rating: 4.5 Diposkan Oleh: nano pertapan